Rabu, 07 Oktober 2009

Sejarah Jaringan Komputer (Network)

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas tentang Sejarah Jaringan komputer.

Konsep jaringan komputer pertama lahir di Amerika pada tahun 1940-an yang berasal dari sebuah proyek komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin oleh Prof H. Aiken. Proyek tersebut dibuat untuk mengerjakaan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu sehingga dibuatlah sebuah proses beruntun (Batch Processing) dengan menggunakan kaidah antrian.

Setalah terciptanya super komputer, yang mengharuskan sebuah komputer dapat melayani beberapa terminal. Hal itu yang mendasari ditemukannya konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang lebih dikenal dengan TSS (Time Shring System) pada tahun 1950-an. Sehingga untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) diaplikasikan.

Sejarah Jaringan Komputer global (dunia) dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membentuk Defense Advence Research Projects Agency (DAPRA) untuk mengadakan riset mengenai cara menghubungkan komputer untuk membentuk jaringan organic. Riset ini dikenal dengan nama ARPRANET (Advance Research Projects Agency Network) pada tahun 1970. Akhirnya pada tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu.

Pada tahun 1979 diciptakan Newsgroups pertama yang bernama USENET (User Network) oleh Jim Ellis, Steve Bellovin dan Tom Truscott.

Pada tahun 1981 diluncurkan sebuah alat yang menjadikan orang dapat menelepon dan berinteraksi dengan video link.

Bertambahnya jaringan computer akhirnya mengakibatkan dibutuhkannya sebuah alat protocol resmi. Akhirnya pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) yang lebih dikenal dengan Internet Protocol (IP).

Pada tahun 1984 untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer digunakan system dengan nma DOMAIN yang dikenal dengan Domain Name System (DNS).

Pada tahun 1988 dikenalkan Internet Relay Chat (IRC) oleh Jarkko Oikarinen. Dengan IRC dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi denagn saling mengirim pesan (Chatting).

Dan akhirnya pada tahun 1990 terjadi sejarah besar saat diciptakannya sebuah program editor dan browser oleh Tim Berners Lee. Program ini akhirnya disebut dengan WWW atau World Wide Web.

Tahun 1992 komputer yang tersambung melalui jaringan sudah melebihi satu juta komputer. Tahun 1994 situs-situs dunia mulai banyak.

Pada bulan April tahun 1994 diluncurkan sebuah perusahaan Search Engine pertama yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang diberinama Yahoo!.

Demikianlah pembahasan tentang Sejarah Jaringan Koputer yang coba saya bahas. Mudah-mudahan dapet berguna bagi anda. Terima Kasih….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar